Jumat, 06 Januari 2017

Tips Dalam membeli Mobil Bekas di Bandung

Saat kita memutukan unyuk membeli mobil bekas, ada beberapa hal yang harus kita cermati sebelum kita memutuskan untuk membelinya, karena seperti kita ketahui mobil bekas tidak seterawat mobil baru yang memang masih orisinil karena semua baru keluar dari showroom/dealer.

Mobil Bekas, apakah terjamin kualitasnya? Meskipun sudah bekas, namun bila kita telilidan tepat, anda bisa mendapatkan mobil bekas yang berkualitas. Nmaun ayang nya tidak semua orang bisa telilti memilih mobil bekas yang bagus dan berkualitas. Untuk anda yang memang berniat membeli mobil dan mengincar mobil bekas yang bagus dan berkualitas, anda bisa menerapkan beberapa trik dan cara berikut ini.

1.Tempat Pembelian.

tips dalam membeli mobil bekas di bandung

Cara dan trik pertama dalam memilih mobil bekas yang bagus dan berkualitas adalah dengan memperhatikan tempat kita membeli mobil bekas tersebut. Memang sekarang ini banyak tempat yang membuka penjualan mobil bekas dengan segala penawaran yang menarik. Namun untuk mendapatkan dan membeli mobil bekas di Bandung, Anda juga bisa langsung membelinya dari orang yang memang sedang ingin menjualnya secara langsung. Membeli di showroom memang anda akan mendapat banyak pilihan dan juga service purna jual, namun biasanya, harag akan lebih tinggi dibanding kita membeli ke perorangan.

Membeli mobil bekas dengan melalui pelantara juga akan membuat pembelian anda menjadi lebih malah. Membeli mobil dari tangan pertama akan membuat anda lebih mengerti kondisi perawatan dari mobil, apalagi jika orang akan menjual mobil adalah orang yang memang anda kenal. Maka dari itu, memilih tempat anda membeli menjadi salah satu hal yang penting dalam membeli mobil bekas di bandung.

2. Eksterior Mobil.

tips dalam membeli mobil bekas di bandung

Setelah kita menemukan mobil yang dan tempat dimana anada akan membeli mobil bekas, maka saat nya melakukan langkah selanjutnya yaitu pengecekan bagian mobil yang biasanya anda perhatika pertama kali adalah eksterior mobil. dan juga ada beberapa bagian mobil yang juga harus kita perhatikan. Perhatikan apa ada goresan dan rusak  di bodi mobil, bekas. Bagaimana kondisi cat nya, apakah msih mulus atau sudah kasar. Perhatikan pula bagian kaca, apakah masih bagus tidak ada retakan atau bahkan pecah.  Bagian lampu, apakah menyala dengan baik dan tidak pecah, kondisi pendingin juga harus kita cek, apakah maih bagus apa perlu diperbaiki. dan tidak lupa pastikan  kondisi keempat bannya, apakah oke, atau sudah gundul. dan jika memungkinkan kita lihat bagian kolong mobil, untuk memanstikan tidak ada karat dan keropos.

3. Performa Mesin.

tips dalam membeli mobil bekas. di bandung

Mengecek performa mesin, merupakan bagian terpenting yang harus kita perhatikan sebelum membeli mobil bekas. Hidupkan mesin mobil dan perhatikan bunyi mesin yang menyala. Mesin yang baik akan terdengar halus dan tidak berisik. Mobil yang bagus dan terawat juga memiliki salah satu ciri mudah untuk di starter. Setelah menyalakan mesin, cobalah untuk melakukan test drive. Cobalah untuk mengoper gigi-gigi mobil, raasakan apakah lancar apa tidak. Dalam test drive lakukan di kondisi jalan yang berbeda-beda, ini salah satu cara untuk mengetes performa mobil bekas bandung yang akan anda beli. dan lakukan ini bersama penjualnya, agar penjual juga mengetahui kondisi mobil bekas yang akan daia jual.


4.  Aksesoris dan Interior

tips dalam membeli mobil bekas di bandung

Setelah selesai dengan bagian eksterior dan mesin,  Saatnya untuk memeriksa bagian interior dan aksesoris mobil bekas. beberapa komponen aksesoris dan interor mobil yang perlu anda cermati, antara lain: Dashboard, setelan ac, karpet, kualitas bahan jok dan langit-langit. Pastikan anda menduduki jok dan mencoba menaik-turunkan jok, dorong ke depan dan belakang, cek pelapis bagian pintu mobil, kaca, power window, tombol wiper, lampu sein, hazard, lampu depan, dan juga lampu rem. juga Audio jangan sampai terlewat untuk di cek dan dicoba dinyalakan.

5.Kelengkapan Surat -Surat.

Tips Dalam membeli Mobil Bekas di Bandung

Mengecek kelengkapan dan keaslian surat-surat adalah bagian yang paling penting saat membeli mobil bekas. Pastikan anda bisa melihat BPKB dan STNK yang asli sebelum anda memutuskan untuk membeli mobil, perlu diperhatikan juga keaslian kedua surat tersebut, karena saat ini banyak beredar surat-surat palsu agar mobil curian bisa dijual dan laku dengan harga tinggi. Bila anda masih ragu, anda bis a mengecek keaslian surat-surat tersebut ke kantor samsam dimana surat-surat tersebut diterbitkan.


6. Cek Fisik.

Tips Dalam membeli Mobil Bekas di Bandung

Untuk lebih menyakinkan lagi, tidk ada salahnya anada melakukan cek fisik di akntor samsat, dengan melakukan cek fisik ini anda bisa memastikan apakah benar palt mobil sama dengan yang tercantum di STNK, juga no rangka dan juga nomer mesin nya pastikan juga sesuai dengan yang tertera di STNK dan BPKB. Penjual biasanya tak akan menolak melakukan cek fisik, karena bagi ereka ini juga salah satu menjaga kredibilitas mereka sebagai penjual.


7. Asuransi.


Asuransi menjadi salah satu pertimbangan dalam membeli mobil bekas. namun ini tidak begitu krusial. tapi bila memang masih meiliki asuransi ini akan lebih baik dan membuat anda meraasa aman. Tak perlu khawatir bila nama yang tercantum di polis nantinya berbeda, anda bisa  mengajukan balik nama. Jadi saat membeli mobil, perhatikan surat-surat dokumennya, agar dapat mempermudah proses balik nama di poli asuransi kendaraan yang anda beli.


Yang terpenting dalam membeli mobil bekas diluar tips diatas adalah ketelitian dalam membeli, jangan tergesa-gesa dlam memutuskan dan bila memungkinkan dan anada memiliki kenalan montir, anda dapat mengajak nya untuk lebih memastikan kondisi mobil dari orang yang memang pakarnya. Jadi selamat berburu mobil bekas di abdnung.


Sumber: www.cermati.com





Tidak ada komentar:

Posting Komentar