Kamis, 05 Januari 2017

Beli Mobil Bekas Atau Baru

Salah satu pertanyaan yang sering diatanyakan oleh para keluarga muda yang ingin membeli kendaraan roda empat adalah: " Mendingan Beli Mobil Baru atau Bekas yach?"  ini kembali lagi kepada anda, Apa tujuan anda memiliki kendaraan roda empat. Namun ada beberapa poin yang anda bisa anda pertimbangkan sebelum anda memilih membeli mobil baru atau bekas. Antara lain :

beli mobil bekas atau baru


1. Kebutuhan.
Apa dasar anda untuk memilki mobil adanya kebutuhan akan sebuah kendaraan yang memberikan nilai tambah. Jika memang ini mendesak dan anda memang sudah saat nya memiliki mobil, maka belilah. Tetapi jika membeli mobil karena hanya karena gengsi karena tetangga sebelah telah memiliki mobil baru. Sebaiknya anda pikirkan kembali. Karena dengan membeli mobil akan menambah konsekuensi seperti menambah biaya bulanan, berupa pengeluaran blanan seperti membeli bbm rutin, biaya perkir, tol dan lainnya.

2. Harga.
Tak Peduli mobiol yang akan beli baru atau bekas, lihat kembali berapa harganya. Jangan karena ingin disebut mampu, anda memaksakan diri mobol demi gengsi, sehingga mobil yang anada beli nantinya bukannya membantu anda, malah memnjadi beban buat anda secara jangka panjang.

3. Wakktu Membeli.
Secara hitungan bisnis, penjual mobil pasti memiliki target bulanan dan biasanya target tersebut dibebankan kepada tim penjualan (Sales Marketing). Setiap sales ada batas akhir/deadline. Dan itu di akhir bulan. Jadi secara Psikologis akhir bulanadalah waktu yang tepat untuk anda bernegosiasi dalam membeli mobil. Karena biasanya membeli mobil pada akhir bulan akan sedikit lebih murah dibanding awal bulan.

Terkait pertanyaan mengenai lebih baik mana membeli mobil bekas atau baru?

Keuntungan membeli mobil baru, antara lain, dari segi perawatan mobil baru cenderung lebih terjaga dari mobil bekas. Adapun kelemahannya adalah, setelah mobil yang anda beli keluar dari showroom / Dealer, otomatis mobil itu menjadi mobil bekas/ second, Karena adanya penyusutan nilai, belum lagi jika setelah anda gunakan selama 6 bulan. sudah pasti harga jualnya akan berkurang dari harga pertama kali anda membeli mobil tersebut.

Untuk Mobil bekas keuntungannya dari sisi harga pastinya lebih murah dari harga mobil baru, kecuali untuk mobil yertentu yang biasanya menjadi koleksi atau oun memang limited edition.

Sedangkan kekurangannya adalah dilihat dari biaya perawatan, Mobil baru cenderung baru terjaga dibandung mobil beka, sehingga minim biaya perawatan, Karena makin tua umur, makin banyak suku cadang yang poerlu diperbaiki atau diganti.

Terus, mana yang lebih baik? Di luar faktor kebutuhan, harga dan waktu pembelian, bila anda memahami seluk beluk mobil dan mengerti cara memperbaikinya dan merasa tak kerepotan akan perbaikannya, maka mobil bekas/second bisa menjadi pilihan anda.

Tetapi bila anda tak ingin dibuat pusing dengan rewelnya mobil yang anda beli, sebaikya anda membeli mobil yang baru.

Semua kembali kepada pilihan anda, tapi bijaklah dalam memilih agar apa yang menjadi pilihan anda menjadi beban di kemudian hari?


Sumber : Republika.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar